Selasa, 14 Desember 2010

Tanda tanda kerusakan ball joint mobil

Ball Joint merupakan poros antara roda dan suspensi mobil. Ball Joint memegang peran penting dalam kemudi mobil dan suspensi yang aman. Jika terjadi masalah pada Ball Joint, secepat mungkin diatasi dengan memperbaikinya atau manggantinya.


"Sealed" Ball Joint tidak memerlukan pelumasan tetapi ball joint standar harus dilumasi dari waktu ke waktu. Pemeriksaan ball joint standar minimal dilakukan setahun sekali. Meskipun tidak ada usia yang tepat, ball joint bisa rusak saat mencapai 80.000 mil.


Tanda-tanda awal kerusakan Ball Joint adalah :

1. Karet penutup sobek, sehingga kotoran bisa masuk.
2. Muncul suara ketika roda berbalik dan akhirnya berubah menjadi bunyi berderit pada saat berhenti.
3. Ketika melewati gundukan., ada suara 'gedebuk'. Suara-suara tersebut datang dari suspensi depan ketika terjadi atas gundukan.

Ball Joint RusakJika ball joint rusak, hasilnya dapat berbahaya karena sudut roda akan menjadi tak terbatas, menyebabkan hilangnya kontrol kemudi. Karena ban akan mencapai sudut yang tidak diinginkan, maka akan merusak ban. Selain itu dapat erusak bagian-bagian lain dari kendaraan.

Jika ball joint rusak, dilakukan spooring pun hasilnya tidak akan bagus. Mekanik spooring pasti tidak akan melakukan spooring jika ball joint mengalami kerusakan.

Penyebab sekring mobil putus

Sekring pada mobil punya fungsi cukup vital dan berkarakter sensitif. Bila suplai listrik melebihi kebutuhan, hal itu menjadi tugasnya sebagai penahan dan pemutus aliran listrik. Dengan begitu, perangkat lain tidak rusak atau pun terbakar. Karenanya, kondisi sekring harus selalu diperhatikan agar dapat bekerja secara maksimal.

Seperti mengganti watt bola lampu yang lebih besar, sebaiknya sekring juga disesuaikan dengan besarnya pemakaian aliran listriknya. "Kalau sudah sesuai, sekring tak usah diganti. Jika belum, lebih baik disesuaikan dan diberi tambahan relay karena kabel standar tidak kuat. Kemudian juga mencegah korsleting," ungkap Theodorus dari bengkel Vincci Audioworkshop, Tangerang.

Pemilihan dan penggunaan sekring agar tepat, menurut Harris dari bengkel AMS, harus sesuai dengan anjuran di fuse box. Jadi, pemilik mobil harus paham fungsi sekring, baik untuk sistem pencahayaan, maupun perangkat elektronik lainnya.

Untuk membantu Anda, di bawah ini ada diagnosis seputar sekring putus yang kemudian membuat mobil tidak jalan atau ada bagian lain tidak berfungsi.

1. Sekring putus kala lampu besar difungsikan. Besar kemungkinan, kesalahan terletak pada tombol atau karena korsleting pada kabel-kabel yang terhubung.
2. Sekring putus saat kendaraan bergoncang. Mungkin, ada beberapa bagian isolator rusak sehingga, ketika kendaraan bergoncang, bagian-bagian tersebut dapat menyentuh bodi.
3. Sekring putus saat pedal rem diinjak. Periksa bagian beberapa dari tombol dan lampu, apakah ada korsleting akibat dari kabel yang terkelupas atau adanya jalur kabel yang salah.
4. Sekring putus saat tombol dimmer switch dari lampu besar digunakan. Ada kemungkinan tuas mengalami kerusakan.
5. Sekring putus saat gigi persneling mundur dimasukkan. Kemungkinan, switch lampu mundur mengalami kerusakan.
6. Lampu sekring putus saat sein diaktifkan. Kesalahan terletak pada kabel tuas lampu sein yang mengalami korsleting.

Cara merawat power steering kemudi mobil


Power steering saat ini sudah menjadi standar kemudi untuk semua jenis mobil. Sistem power steering memudahkan pengemudi untuk menggerakkan roda depan. Ini sangat dibutuhkan khususnya ketika mobil yang dikendarai merupakan mobil-mobil besar. Sistem power steering sendiri menggunakan sistem hidrolik. Hidrolik merupakan teknologi pemindahan daya dengan memanfaatkan tekanan cairan untuk menggerakkan suatu benda.

Sebagai suatu system standar dalam mobil, ada baiknya kita menjadi agar power steering bisa tetap awet sehingga mengemudi pun bisa selalu nyaman. Ada beberapa tips yang dapat dicoba:
1. Putarlah kemudi dengan kecepatan pelan atau sedang. Jangan memutar kemudi terlalu cepat. Jika harus berbelok, kurangilah kecepatan sebelum berbelok. Sistem hidrolik akan bergerak perlahan ketika kita menggerakkan kemudi dengan pelan sehingga komponen power steering pun akan lebih awet.
2. Ukur jumlah putaran setir dari posisi lurus ke posisi kanan dan kiri secara penuh. Pelankan putaran setis saat mendekati akhir putaran. Ini untuk mencegah tekanan naik secara mendadak dan mencegah komponen power steering cepat aus.
3. Hindari memutar setir hingga penuh pada waktu yang lama. Biasanya ini terjadi ketika mobil berbalik arah di jalan yang sempit. Ketika menunggu jalan lenggang sebaiknya putar sedikit kemudi kea rah sebaliknya. Memutar penuh dan menahan kemudi selain dapat membuat tekanan power steering menjadi maksimum, juga dapat membuat kerja mesin menjadi berat dan boros BBM.
4. Hindari memutar setir sambil menginjak rem. Jika sedang berada di permukaan miring (tanjakkan atau turunan) sebaiknya menggunakan rem tangan. Rem tangan hanya mengunci roda belakang, sehingga roda depan masih bebas bergerak.
5. Putarlah kemudi saat mobil berjalan. Beban kemudi akan lebih ringan saat mobil berjalan, sehingga terjadi penghematan BBM.
6. Rawatlah secara teratur piranti power steering kendaraan anda di bengkel langganan anda.

Mengakali rumah sekring mobil yang meleleh

Mengakali rumah sekring mobil yang meleleh

Mengakali rumah sekring mobil yang meleleh

Mengakali rumah sekring mobil yang meleleh
Bila sekring mobil sudah mulai sering putus, sering panas, bahkan meleleh, itu merupakan tanda, bahwa rumah sekring mobil sudah mengalami kerusakan. Hal seperti ini sering terjadi, biasanya di sekring lampu besar.

Untuk mengakalinya, sediakan bahan2 seperti gambar di atas. Setiap sambungan sebaiknya di solder, termasuk plat yang akan dimasukkan ke dalam rumah sekring diberi lapisan tipis solderan timah. Terkecuali sambungan soket kuningan dengan sekring, tidak usah di solder.

Berikan isolasi secukupnya pada bagian-bagian plat sekring yang terbuka. Selanjutnya masalah sekring sudah teratasi sampai terkumpul cukup uang untuk membeli rumah sekring yeng bermutu Bagus. Sekedar saran, jangan membeli yang berharga murah, karena tidak lama akan mengalami ganguan sekring lagi.

Sistem Kerja Kelistrikan Mobil


Mendapatkan mobil yang tidak rewel merupakan idaman semua pembeli mobkas. Namun tak jarang terjadi mobkas yang ditemui memiliki masalah pada sistem kelistrikannya.

Pernahkah Anda pernah menemui kejadian-kejadian seperti di bawah ini saat berburu mobkas? Sinar lampunya berangsur terang saat digas, dan meredup ketika pedal gas dilepas. Atau ruang mesinnya penuh dengan kabel-kabel tambahan yang dipasang dengan asal.

Ciri-ciri tersebut bisa menjadi pertanda mobkas yang Anda lihat itu memiliki masalah dalam sistem kelistrikannya.

Pada umumnya dasar kelistrikan dari mobkas Anda adalah sistem 12 volt searah, dimana aki berfungsi sebagai sumber listrik dan alternator yang mengisi kembali listrik yang digunakan sehingga aki tetap memiliki cadangan listrik meskipun ada beban penggunaan.

Sistem kelistrikan mobil juga umumnya menerapkan negative ground.  Artinya kutub negatif aki langsung dihubungkan ke bodi mobil sehingga seluruh bagian mobil yang terbuat dari logam memiliki kandungan negatif yang sama dengan kutub negatif aki.

Pada mobkas yang telah berumur lebih dari lima tahun, banyak kabel yang mulai bermasalah karena dimakan umur. Biasanya kabel menjadi getas, dan kemampuannya mengalirkan listrik menjadi berkurang.

Ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk mencari tahu apakah kelistrikan sebuah mobil masih tergolong sehat atau tidak. Dari sekian banyak cara, yang termudah dan popular adalah memakai voltmeter. Bila Anda ingin melakukannya sendiri, sebaiknya gunakan voltmeter digital agar Anda lebih mudah untuk menganalisis hasilnya.

Begini Caranya:

   1. Periksa tegangan pada aki saat mesin mati. Aki yang baik akan menunjukkan voltase antara 12-13 volt.
     
   2. Untuk memeriksa alternator, hidupkan mesin dan seluruh perangkat kelistrikan, seperti lampu besar, audio, AC, pemanas kaca dan lain-lain. Ukur tegangan pada aki. Alternator yang masih sehat akan membuat tegangan aki sekurangnya berada di angka 12,8 volt.
     
   3. Periksa tegangan pada beberapa titik dimana ada aliran listrik positif, seperti pada koil, lampu-lampu, pemantik api, dan komponen lainnya. Carilah bagian yang memungkinkan Anda dapat mengecek tegangan listriknya.


Sebaiknya perbedaan tegangan tidak lebih dari 0,5 volt. Apabila angka tegangan listrik terpaut jauh dari yang ditunjukkan aki, dapat dikatakan mobil memiliki masalah pada kelistrikan. Misalnya ada gangguan pada rangkaian kabelnya.

Pengecekan Listrik Secara Cepat

Ada kalanya pada saat ingin meninang mobkas, Anda ragu dengan kondisi sistem kelsitrikannya. Berikut ada beberapa tips agar anda dapat terhindar dari masalah kelistrikan.

   1. Periksa ruang mesin. Apabila banyak kabel tambahan yang tidak standar dan tidak rapi di ruang mesin maka besar kemungkinan kelistrikan dari mobkas incaran Anda ini bermasalah.

      Periksalah terminal positif (+) aki, apabila pada terminal tersebut banyak kabel tambahan, maka hal ini mengindikasikan banyaknya aksesori tambahan yang memerlukan listrik. Hal ini juga pertanda bahwa banyak sistim kelistrikan yang di-bypass.
     
   2. Periksa seluruh komponen kelistrikan, seperti lampu-lampu, AC, power window,  dan lain-lain. Bila komponen-komponen tersebut bekerja dengan sempurna maka besar kemungkinan sistem kelistrikan mobil itu juga masih baik.
     
   3. Dalam kondisi beban penuh dengan menghidupkan AC, lampu-lampu, audio, dan komponen lainnya, naikkan putaran mesin. Jika terjadi perubahan terang sinar lampu yang signifikan, atau putaran kipas elektrik bertambah kencang, berarti ada amsalah dengan pasokan listrik dari alternator. Bersiaplah mengeluarkan biaya untuk rekondisi alternator.


Solusi Untuk Listrik Berpenyakit

1. Kabel negatif atau grounding system
Kabel negatif adalah hal yang sering dilupakan. Umumnya pabrikan hanya memasang kabel negatif yang disalurkan langsung ke blok mesin, kemudian dari blok mesin disambung ke bodi atau sasis dengan kabel yang lebih kecil.

Pada mobkas yang berumur sebaiknya ditambahkan kabel negatif ke beberapa titik lain di bodi, sasis, maupun blok mesin untuk mengatasi daya hantar kabel yang mulai berkurang karena dimakan umur. Selain itu umur mobil juga mempengaruhi kemampuan pelat bodi dan komponen logam lainnya menghantarkan arus listrik negatif ke sekujur mobil.

Anda juga dapat pula menggunakan grounding system kit  yang tersedia di pasaran. Rangkaian ini memiliki beberapa kabel sehingga penyaluran listrik negatif pada mobil dapat lebih merata.

2. Alternator kurang kuat
Pada umumnya alternator mobil memiliki daya sekitar 60-70 Ampere, dan kebanyakan disesuaikan dengan besarnya kapasitas aki. Tetapi keausan dapat mempengaruhi kemampuan alternator menghasilkan arus listrik sehingga dayanya berkurang dari yang seharusnya.

Solusinya adalah merekondisi alternator Anda. Bila mungkin gantilah alternator dengan daya yang lebih besar dari aki. Misal aki mobil Anda punya kapasitas 65 Ah, maka carilah alternator dengan daya 90 Ampere.

Hal ini bertujuan untuk antisipasi pasokan listrik pada mobkas yang umumnya memiliki tambahan beban listrik. Misalnya lampu dengan konsumsi daya lebih besar atau sistem audio, selain itu juga loss  akibat kualitas kabel-kabel yang dimakan usia. Altenator yang kuat juga meringankan kerja aki karena bisa dengan cepat mengisi saat cadangan listriknya digunakan, sehingga umur aki bisa lebih panjang.

3. Relay kit
Banyak pemilik mobkas yang mengambil jalan pintas untuk mengatasi kehilangan daya pada kabel dengan relay kit. Prinsip kerja relay kit ini adalah mengambil alih jalur pasokan listrik bawaan mobil, sehingga arus listrik diambil langsung dari aki. Dengan cara ini resiko tegangan yang hilang akibat kabel yang termakan usia dapat dikurangi.

Kelemahannya adalah, apabila pemasangan tidak rapi, maka akan dapat mengakibatkan korsleting. Sebaiknya relay dipasang oleh mekanik yang biasa menagani sistem kelistrikan. Umumnya relay kit ini dipasang pada headlamp  atau motor starter.

4. Sambungan kabel
Pada mobil yang kurang baik perawatannya sering ditemui rangkaian kabel yang berfungsi mem-bypass  sebuah sistem kelistrikan. Pada prinsipnya cara ini tidak dapat dibenarkan demi alasan keamanan.
Cara yang benar adalah dengan menguraikan kabel-kabel dan mencari sumber kerusakannya. Untuk memperbaikinya kabel tersebut sebaiknya diganti secara utuh. Solusi terbaik adalah mengganti seluruh rangkaian kabel dengan kabel harness  orisinal. Namun dari segi biaya, cara ini terbilang mahal.
Solusinya adalah mengganti kabel yang rusak secara utuh. Saat mengganti, sambungan kabel idealnya disolder dan dibungkus dengan isolasi bakar, sehingga sambungan dapat tertutup dengan sempurna.

5. Jangan sampai ada kebocoran arus
Kebocoran arus kadangkala sulit dideteksi. Apabila alternator dan aki mobil sehat, tetapi cadangan listrik di aki cepat habis, jangan terlalu cepat menuding kemampuan aki menyimpan listrik yang jelek.

Periksa dahulu apakah ada kebocoran arus yang mengakibatkan daya aki terkuras meski mesin dan perlengkapan lainnya dalam keadaan mati. Bila hal ini terjadi, sebaiknya pergi ke bengkel yang mengerti betul tentang sistem kelistrikan mobil Anda agar masalah dapat diselesaikan sampai ke akarnya.

Perlu diketahui, apabila hal ini didiamkam, maka sama saja Anda menaruh bom waktu. Karena konsumsi listrik yang tak terdeteksi ini sama saja dengan korsleting pada mobil.

Panduan Perawatan Ac mobil

Peran AC di mobil boleh jadi tidak dipandang penting oleh sebagian orang, karena tanpa AC pun, mobil masih bisa dikendarai. Tapi dilihat dari sisi kenyamanan, AC mobil berperan sangat penting. Terlebih lagi di Jakarta yang panas dan macet ini. Agar berfungsi dengan baik, dan tidak menghabiskan budget perawatan mobil, ikuti petunjuk praktis berikut ini:

Jagalah selalu kebersihan kabin dari debu dan kotoran.
Debu yang dibiarkan berlama-lama dalam kabin akan tersedot evaporator (saluran masuknya angin) AC. Lama kelamaan, debu akan menumpuk dan menyumbat evaporator. Walhasil, udara dingin pun terhambat dan terjadilah kondensasi (karat) di saluran AC

Perhatikan celah di antara jendela dan karet pintu yang tak tertutut rapat.
Kondisi ini bisa menyebabkan kotoran dan debu masuk secara leluasa.

Jangan merokok di dalam mobil
Karena asap rokok bisa mengotori AC.

Jangan memaksimalkan beban AC
Dengan menurunkan temperaturnya saat kendaraan melaju kencang.

Lakukan perawatan rutin AC. Jika masih dalam kondisi baik, Anda cukup menambah freon, oli kompresor dan mengganti spons/busa ventilasi sirkulasi AC. Pada saat mengecek, perhatikan pula apakah ada kebocoran di bagian kompresor, tabung dan slang AC. Jika ya, tangani segera.

Sebelum berkendara, hidupkan mesin mobil lebih dulu, baru setelah itu aktifkan AC.
Saat memanaskan mobil, jangan mengaktifkan AC. Langkah ini dilakukan agar pelumas mesin bekerja optimal lebih dahulu. Jika AC dihidupkan saat pemanasan, putaran mesin otomatis naik sehingga membebani kerja mesin yang belum optimal.

Dianjurkan untuk melakukan servis ke bengkel AC setiap enam bulan.
Hal ini lebih baik dibandingkan membiarkan kerusakan dalam waktu lama. Karena hal ini dapat membuat uang yang dikeluarkan lebih besar mengingat kerusakan bisa merembet ke bagian lain.

Masalah dan cara perbaikan serta perawatan AC mobil




Air Conditioner (AC) pernah kini bukan lagi barang wah yang hanya terdapat di mobil-mobil mahal. Semua mobil baru telah menawarkan AC sebagai salah satu perlengkapan standar. Produsen truk pun juga telah menawarkan AC sebagai perlengkapan standar kabin mendampingi power steering.

Karena dipergunakan terus-menerus, terutama di kota-kota besar agar tetap beroperasi optimal unit AC juga memerlukan perawatan. Yang paling gampang dalam merawat AC adalah menyerahkannya ke teknisi profesional.

Yang menjadi pertanyaan kapan AC harus dibawa ke bengkel khusus pengatur udara? Untuk mengetahuinya perlu anda simak gejala-gejala malfungsi yang wajib diperhatikan. Diantaranya :

1. Bau Busuk

Bau busuk yang keluar begitu AC dinyalakan terjadi akibat adanya bakteri, micro-organisme, jamur yang menumpuk di sekitar kisi-kisi AC, terutama kisi-kisi di dashboard. Untuk menghilangkan bau mengganggu itu, bersihkan dengan anti-bacterial treatments. Cairan ini bisa didapatkan dengan mudah di toko aksesoris mobil. Ketika jamur sudah bersih, udara yang disemprotkan AC akan segar lagi.


2.Kurang Dingin

Bila AC kurang dingin, tiba waktunya masuk bengkel. Menurunnya daya kerja AC bisa disebabkan adanya kebocoran atau refrigerant sudah waktunya diganti/ditambah. Untuk memperbaiki hal ini lebih baik dilakukan teknisi bengkel AC.


3. Hidupkan Terus Menerus

Sistem AC yang hidup terus sepanjang tahun justru lebih sehat. AC jalan mendorong refrigerant terus bersirkulasi. Refrigerant yang dipakai mengandung pelumas yang melumasi seluruh sistem dan mencegah kebocoran. Yang paling penting pelumas pada refrigerant melumasi dan merawat kompresor. Juga menjaga seal dan pipa tetap lembab, sehingga terjaga dari resiko retak karena kering yang bisa berujung pada kebocoran sistem.


4. Jangan Remehkan Bunyi Aneh

Jika muncul suara-suara aneh, tidak biasa dari AC yang sebelumnya tidak ada, sangat disarankan untuk sesegara mungkin mendatangi bengkel AC untuk diperiksa. Ada suara-suara yang merupakan gejala awal/indikasi kerusakan kompresor.

Kompresor adalah bagian paling mahal dari sistem AC. Bila bearing pada kompresor pecah/rusak, berarti komponen-komponen lain terkontaminasi partikel logam itu. Sistem harus dikuras plus penggantian kompresor dan komponen lain. Ini sangat mahal.


5. Normal, Ada Tetesan Air

Bila ada tetesan air di bawah mobil, jangan terkejut karena itu normal-normal saja. Itu berasal dari evaporator. Evaporator memiliki pipa yang memungkinkan evaporator mengalirkan air keluar mobil. Kadang-kadang pipa ini tersumbat atau patah sehingga evaporator tidak bisa mengalirkan air ke luar mobil dan malah ke dalam kabin. Problem ini bisa diatasi dengan murah.


6. Perawatan Berkala

Seperti sistem lain di mobil, AC juga perlu di periksa secara berkala. Kompresor perlu pelumas, filter perlu dibersihkan dari kotoran dan kelembaban. Bila filter kotor, kinerja sistem terganggu dan bisa membuat sistem tidak bekerja sama sekali.

Gas refrigerant pada umumnya diganti empat tahun setelah mobil dibuat lalu dua hingga tiga tahun sekali setelah itu. Perawatan berkala sistem AC mobil anda akan menjaga kompresor bekerja sempurna demikian juga komponen-komponen vital lainnya. Perawatan berkala merupakan investasi jangka panjang sekaligus menjamin anda tetap nyaman di hari yang terik.

Perawatan AC Mobil

Ac Mobil
 Merawat ac mobil sendiri


Berkendaraan Mobil akan terasa nyaman, jika penyejuk udara (AC) bekerja sempurna. Sudah menjadi suatu kebutuhan apalagi dikota besar seperti Jakarta kalau AC ngadat atau tak dingin, keadaan pun jadi serba salah kaca jendela kalau dibuka, masalah keamanan, debu dan asap kendaraan akan masuk, namun jika ditutup ruangan akan terasa panas dan pengap,gangguan pada AC biasanya lantaran kurang perawatan. Tips berikut ini dapat membantu Anda melakukan perawatan AC sendiri sebelum kondisi AC menjadi rusak berat:

1.
Jagalah selalu kebersihan kabin dari debu dan kotoran. Terutama karpet 2 lembar yang didepan karena akan tersedot kedalam evaporator (lembab) sehingga terjadi jamur dan spora sangat tidak baik buat kesehatan, dan menimbulkan bau yg tidak enak bila pertama kali AC dihidupkan.
2.
Saat mencuci mobil, buka kap mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada bagian Condensor AC (yang bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak didepan radiator) kotoran atau debu yang menempel bila dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga menjadi bocor pada bagian kondensor.
3.
Memilih tempat parkir yang teduh jika parkir kendaraan dalam waktu yang cukup lama, Karena kalau di tempat panas biasanya pas pengemudi masuk, ruang dalam cukup panas dan mengakibatkan membutuhkan proses pendinginan yang lama. Selain itu beban pendinginan saat mobil berjalan pun ikut tinggi.
4.
Perisalah ExtraFan (kipas) yang didepan Condensor apakah hidup bila Ac dihidupkan. Bila tidak segera ganti, akan mengakibatkan Compressor rusak atau selang high press bisa meledak.
5.
Jangan merokok di dalam mobil karena asapnya bisa mengotori Evaporator nikotinnya yang lengket dan berlendir serta menimbulkan bau tak sedap dan susah hilang.
6.
Jangan memaksimalkan beban AC saat kendaraan melaju kencang dengan menurunkan temperaturnya.
7.
Sebelum menghidupkan mesin matikan AC terlebih dahulu, sesudah mesin stabil baru hidupkan AC. Begitupun sebaliknya, matikan AC terlebih dahulu bila mau matikan mesin.
8.
Jangan memakai pengharum wewangian yang mutunya kurang jelas, akan menimbulkan bau dan susah dibersihkan. Dan jangan memakai pengharum model colok ke grill sebab sering terjadi patah. (karena sebagian Grill susah dapat dibeli dipasaran).
9.
Kalau ada gejala yang tidak biasa seperti AC kurang dingin lebih baik segera ke bengkel specialist ac mobil, agar tidak terlanjur rusak yang mengakibatkan biaya tinggi.
10.
Lakukan perawatan rutin AC। Sangat disarankan setahun sekali, yang perlu diganti Receiver Dryer, Oil Compressor, services Blower, Evaporator, kuras Condensor dan Freon. Perawatan rutin di samping memperpanjang fungsi Componen AC menjadi lebih lama, juga akan membuat udara segar yang berembus selalu segar.

Masalah Pada Kopling dan Cara Kerja kopling

Sistem kopling yang akan kita bicarakan disini adalah sistem kopling manual yang selanjutnya kita sebut dengan kopling saja.

Berikut ini ditampilkan gambar komponen penting pendukung kopling, secara urut : Fly wheel atau roda gila, Clutch disc atau plat kopling, Clutch cover atau dekrup dan Clutch release bearing atau Drek lahar.



 Susunanya di dalam mobil adalah :
Cara Kerja Kopling :

Fly wheel atau roda gila meneruskan sekaligus menyimpan energi dari Crank Saft (kruk as) mesin saat mesin hidup (berputar), Plat kopling menjadi satu-satunya perantara tenaga mesin dengan Porseneling kita yang akhirnya tenaga ini akan diteruskan ke Roda. Sedangkan Dekrup bekerja sebagai pengatur kapan tenaga mesin di teruskan dan kapan tenaga mesin tidak diteruskan, hal ini dilakukan oleh kaki kita saat menginjak atau melepas pedal kopling melalui perantara Drek lahar.

Catatan : Dekrup di ikat dengan 6(biasanya) baut terhadap fly wheel. plat kopling menjadi pengisi bagian tengah antara fly wheel dengan dekrup. Pada bagian tengah plat kopling terdapat lubang bergigi yang akan masuk kedalam As blender sebagai penerus tenaga dari plat kopling ke Gearbox porseneleng.

Ketika kaki tidak menginjak pedal kopling

Ketika kaki kita tidak menginjak pedal kopling , dengan melihat susunan diatas maka bantalan dekrup akan menekan plat kopling terhadap fly wheel sehingga seolah olah Fly wheel, plat kopling dan dekrup menjadi satu kesatuan sebagai benda rigid. sehingga apabila fly wheel berputar 10rpm maka demikian pula dengan plat koplingnya. Dengan cara inilah tenaga dari mesin dapat di transfer ke dalam Gearbox porseneleng (melalui as blender) yang pada akhirnya diteruskan ke roda.
Ketika kaki menginjak pedal kopling :

Ketika kaki kita menginjak pedal kopling, maka dreklahar mendorong kuku/ tuas dari dekrup sehingga bantalan dekrup yang menekan plat kopling dan roda gila terangkat. ketika terangkat inilah posisi dikatakan Free / perei. Dimana perputaran dari roda gila tidak di ikuti oleh perputaran dari plat kopling. sehingga tenaga dari mesin tidak sampai pada gearbox perseneleng. Pada saat ini lah perpindahan gigi dari porseneleng dapat dilakukan.Didalam gearbox porseneleng inilah tenaga dari mesin di atur sedemikian hingga sesuai dengan kebutuhan pengemudi melalui rasio gigi.
Masalah Kopling
 
Susah masuk gigi : hal ini mungkin dapat disebabkan oleh beberapa hal, sebelum dapat mengetahui sumber kerusakan kita harus dapat mengetahui ciri2 atau gejala2 yang terjadi. Gejala2 yang mungkin terjadi antara lain adalah :

    * Susah masuk gigi Vosneling baik saat mesin dimatikan maupun di hidupkan : hal ini berarti terdapat kesalahan pada sistem mekanik pengoper gigi hal ini dapat berupa tongkat yang sudah oblak, sift cable atau kabel gigi yang sudah rusak atau putus atau mekanisme pengoper gigi didalam gearbox.

    * Kopling susah masuk gigi hanya pada saat mesin di hidupkan atau dinyalakan, namun mudah jika mesin dimatikan : dalam hal ini ada 2 kemungkinan kerusakan yang pertama adalah Kerusakan terjadi pada mekanisme pendorong clutch release bearing yaitu : master kopling atas bawah, atau kabel kopling yang masih menggunakan kabel, Fork/garpu kopling retak, bushing fork dan atau clutch release bearing atau drek lahar itu sendiri. Kemungkinan yang kedua adalah kerusakan terjadi pada Clutch cover atau dekrup, biasanya ada ciri2 tambahan jika kerusakan terjadi pada dekrup anda yaitu biasanya akan lebih susah masuk gigi lagi setelah melakukan perjalanan yang cukup jauh atau kondisi dekrup sudah panas, gigi akan semakin susah di pindahkan.

    * Kopling bergetar saat pertama mau jalan : 90% hal ini terjadi karena penggunaan Clutch disc atau plat kopling yang kurang bagus (pantekan atau imitasi murahan), 10% fly wheel bergelombang.

    * Suara mesin besar (rpm tinggi) tapi mobil ga mau lari (acceleration kurang) : 80% hal ini terjadi karena platkopling anda sudah tipis, dan lebih parah lagi akan timbul bau "sangit" ketika kita memaksa untuk accelerasi. 20% Fly wheel aus atau "legok" hal ini biasanya terjadi karena penggunaan plat kopling yang kurang bagus bahanya (imitasi).

    * Terdengar suara2 dari transmisi : ada beberapa jenis suara yang mungkin timbul dalam transmisi antaralain

         1. Bunyi Clutch release Bearing = bunyi dari drek lahar ini akan terdengar ketika kita menginjak kopling saat mesin hidup, dan akan hilang suaranya ketika kita melepas kopling.

         2. Bunyi Pilot bearing = Akan terdengar saat mesin dihidupkan meskipun kita menginjak kopling atau tidak.

         3. Bunyi pada saat jalan = jika kedua bunyi diatas dapat didengar tanpa pergerakan kendaraan, jenis bunyi yang ketiga ini hanya dapat didengar pada saat kendaraan melakukan pergerakan. Bunyi ini berasal dari bearing didalam gearbox anda.

         4. Bunyi mendesing pada gigi tertentu = hal ini terjadi karena terdapat kerusakan pada pasangan gigi yang bunyi tersebut kemungkinan gigi sudah aus atau rompal sehingga memberikan rongga udara yang dapat menimbulkan bunyi mendesing.

Jika anda mendapati masalah diluar dari gejala yang saya sebutkan mohon bertanya tau hubungi bengkel terdekat.

Trik Mengemudi di Musim Hujan


Jika kita tidak bisa menyiasati situasi jalanan maka bisa mengundang kecelakaan.
Saat hujan mengguyur jalanan, banyak resiko buruk yang bisa terjadi oleh para pengemudi jika tak berhati-hati. Karena saat hujan, biasanya di barengi dengan lampu mati, jalanan becek, macet dan banjir. Jika kita tak bisa menyiasati situasi jalanan maka bisa mengundang kecelakaan. Ikuti trik berikut ini supaya anda bisa melaju dengan tenang di tengah jalanan yang tersiram hujan lebat.

   1. Menghadapi hujan lebih baik nyalakan lampu kecil. Bila kurang yakin bahwa pengendara di belakang tak dapat menangkap sinar lantaran curahnya cukup lebat, pakai saja lampu utama. Atau gunakan lampu kabut (fog lamp).
   2. Perhatikan penghapus kaca anda, pastikan berfungsi dengan baik.
   3. Perhatikan kembang keempat ban. Apalagi yang menggunakan radial. Risikonya bila menerjang genangan air dengan kecepatan tinggi, roda tidak menapak pada permukaan jalan alias melayang. Tindakan paling tepat sebelumnya kurangi kecepatan dan turunkan gigi persneling. Bila perlu yang paling rendah.
   4. Pastikan roda depan sudah lurus. Tahan setir, jaga putaran mesin dengan konstan. Pedal gas jangan diangkat karena bila ketinggian air melebihi pipa gas buang, air akan masuk ke knalpot.
   5. Jika terjebak banjir, sekali-sekali injak pedal rem jika jarak dengan kendaraan di belakang agak jauh untuk memastikannya bekerja sempurna. Karena rem tromol yang tersiram air suka blong. Perlakukan pedal gas, rem dan kopling secara halus. Jangan menekan pedal kopling terlalu lama karena mobil akan meluncur cepat. Bila kopling langsung dilepas akan menimbulkan gejala selip lantaran roda memperoleh traksi secara mendadak.
   6. Perlakukan setir dengan lembut dan pemutarannya diurut secara teratur. Posisi tangan kala mobil lurus berada di jarum jam 3 dan 9. Jika ingin menikung ke kiri, jangan sekali-sekali telapak tangan kanan menggenggam bagian dalam setir dengan posisi siap menarik. Bahanya jika mobil selip, reaksi setir jadi lambat.
   7. Saat hujan ikuti deretan kendaraan di depan. Bila ingin pindah jalur, minimal 25 meter sebelumnya nyalakan lampu sein sambil mengamati kendaraan dari belakang spion luar atau dalam tak lebih dari 5 detik.
   8. Saat menikung pada jarak 50 meter sudah mengurangi kecepatan dibarengi pasang sein dan sambil menurunkan persneling satu per satu untuk membantu fungsi pengereman.
   9. Sebelum membelok, perhatikan kendaraan yang di belakang dan di depan.

Tips membeli mobil baru

Yang harus diperhatikan saat mau membeli mobil baru untuk kita yang masih pas-pasan.

1. Suku Cadang Mudah Didapat.
       Banyak mobil yang dijual di pasar tidak dilengkapi dengan suku cadang (spare-parts). Jika Anda membeli mobil seperti ini, dan pada suatu saat muncul masalah, Anda tentu akan menghadapi kesulitan. Masalah ini harus diperhatikan betul oleh calon pembeli. Sebab, sekali melangkah, tanpa mempertimbangkan keberadaan suku cadang, maka kesulitas Anda akan semakin panjang. Dalam hal ini, mobil-mobil keluaran Jepang -seperti Honda, Toyota, Mitsubisi, Suzuki- lebih mudah dalam mendapatkan suku cadang-suku cadangnya. Kadang antara merk satu dengan merk yang lainnya bisa di adjust dan saling mendukung. Lain halnya dengan mobil-mobil keluaran eropa -seperti BMW, Mercedez dsb- yang agak sulit dalam memperoleh suku cadangnya dengan harga-harga murah. Dimana satu spare part untuk satu merk.
BMW

2. Jangan Tergiur Tawaran.
      Banyak produsen yang menawarkan berbagai macam kelebihan dan keunggulan sebuah produk. Namun, Anda sebagai calon pembeli, hendaknya jangan mudah tergiur dengan berbagai tawaran tersebut. Pertimbangkan keutungan dan kerugian yang ada di balik penawaran tersebut. Selain itu pertimbangkan pula kemudahan saat membeli kendaraan atau mobil baru tersebut. Seperti masalah garansi, dealer resmi di kota Anda, service dan ketersediaan suku cadang.
Mercedes

3. Pilihlah Produk Yang Unggul.
        Carilah keunggulan dari barang yang ditawarkan, sebab hal ini akan menguntungkan Anda. Misalnya, bahan bakar yang irit, mesinnya yang bandel dan suku cadang yang mudah didapatkan. Tetapi, Anda juga harus mempertimbangkan secara cermat setiap keunggulan produk yang ditawarkan tersebut. Karena itu, perlu pertimbangan yang matang untuk memutuskannya, baik melalui riset, meminta pendapat orang maupun lainnya.
Peugeot

4. Biaya Murah.
        Selain itu, periksa pula ongkos pemeliharaan dan perbaikan dari mobil-mobil prospektif di masa datang. termasuk ongkos bahan bakar, penyetelan reguler, perbaikan kecil maupun biaya pajak tahunan (biaya perpanjangan STNK). Perhitungan tinggi-rendahnya biaya pajak ditentukan diantaranya oleh tahun keluaran,merk dan kapasitas mesinnya -1600 cc akan berbeda perhitungan dengan 2000 cc.
Volkswagen

5. Purna Jual.
       Sebagai tambahan dari poin-poin sebelumnya adalah bagaimana prospek harga purna jualnya, apakah tetap tinggi ataukah malah ‘jatuh’. Sebagai gambaran kasar, type mobil seperti toyota kijang, honda jazz dan mobil niaga keluaran Jepang lainnya masih menduduki peringkat pertama dalam hal purna jual. Sedangkan untuk type sedan, kembali mobil Jepang lebih bagus prospeknya dibanding harga purna jual mobil-mobil keluaran Eropa, seperti BMW, Mercedes, Peugeot, Volkswagen dan sebagainya.