Rabu, 15 Desember 2010

Kenali kerusakan mobil anda dari ujung knalpot

Bepergian jarak jauh dengan mobil (bensin) pribadi untuk berlebaran dengan sanak saudara di kampung halaman, ada baiknya persiapkan kondisi mobil. Paling utama, mesin karena rewel di perjalanan bisa membatalkan acara mudik. Apalagi jalan yang dilalui beragam kondisi, di antaranya jalanan menanjak. Untuk mengetahui kondisi mesin, tak perlu membuka kap mesin, Cukup dengan mencermati ujung knalpot.

Kerak Hitam

Di ujung knalpot banyak kerak menandakan terlalu banyak bensin yang terbuang lewat asap knalpot. Penyebabnya, biasanya konsumsi bensin sangat boros dan tenaga kurang, terutama pada akselerasi awal. Bisa disetel sistem karburasinya.

Kerak Abu-Abu
Kondisi ini menandakan pembakaran di mesin sempurna. Campuran udara, bensin dan pemantik api dalam kondisi ideal hingga pembakaran didapat.Dalam kondisi lalulintas padat (macet) sulit dirapat kerak abu-abu. Karena bensin mentah banyak terbuang melalui knalpot. Meski setelan mesin sudah ideal, kadang ujung knalpot berkerak hitam.
Untuk mengetahuinya, geber mobil pada rpm tinggi di jalan bebas hambatan. Tahan selama beberapa menit, selain untuk membuang sisa kerak di ruang bakar, juga efekttif mengetahui kondisi ujung pipa knalpot.

Percikan Air
Kejadian ini normal saat kondisi mesin masih dingin. Sumber air bukan dari mesin, namun efek kondensasi (embun) di saluran knalpot. Seiring dengan naiknya suhu di dalam pipa dan muffler, percikan air akan hilang. Kondisi ini sekaligus mengindikasikan saluran pipa yang bersih dari lelehan oli atau kerak yang menumpuk.

Serpihan Kotoran
Serpihan ini keluar saat mesin bekerja di rpm tinggi. Bentuknya bisa berupa besi karatan atau benda mirip kapas yang terbakar. Ini sekaligus menunjukkan kondisi saringan knalpot (muffler) yang keropos akibat karat. Serpihan karat dan peredasm glasswool di dalam muffler lepas, sehingga keluar bersamaan dengnan asap knalpot. Biasanya kondisi seperti ini disertai bunyi gemuruh dari knalpot yang bocor dan diikuti konsumsi bahan bakar boros.

Lelehan Oli
Kondisi ini mengisyaratkan adanya oli mesin yang masuk ke ruang bakar dalam kuantitas cukup banyak. Bersamaan dengnan sisa gas buang, oli akan terbuang melalui saluran pipa knalpot. Saat mesin dinyalakan, juga disertai munculnya asap putih yang tebal. Penyebabnya, bisa karena kondisi ring piston yang aus atau longgar. Atau berasal dari rembesan oli akibat sil katup pecah. Perbaiki atau periksa kedua komponen ini sebelum kerusakan bertambah parah.

Tips agar band mobil awet


Berikut ini tips yang berguna untuk perawatan ban mobil:

1. Biasakan untuk memeriksa tekanan ban mobil. Paling sedikit sebulan sekali terutama sebelum melakukan perjalanan jarak jauh atau ke luar kota. Ban dengan tekanan yang kurang memadai akan menyebabkan ban mudah panas karena gesekan yang besar dengan aspal, sehingga ban cepat aus dan bisa membahayakan keselamatan mengemudi.

2. Perhatikan dengan cermat tekanan yang proporsional dari ban mobil Anda. Ukuran tekanan ban yang pas bisa dilihat pada stiker yang menempel di bagian dalam dari pintu kendaraan Anda, atau pada buku petunjuk pemilik kendaraan.

3. Untuk pengukuran yang valid terhadap tekanan ban mobil, periksalah ban saat suhu dingin. Atau setidaknya tunggu selama tiga jam jika mobil Anda habis menempuh perjalanan jauh.

4. Lakukan pemeriksaan berkala, paling tidak sebulan sekali dan jagalah agar ukuran tekanan ban mobil Anda selalu pada batasan yang proporsional.

5. Jagalah ban mobil Anda dari lubang di jalan. Lobang yang terlalu besar tak hanya bisa merusak ban, melainkan juga akan mennganggu keseimbangan ban mobil.

6. Pastikan Anda menukarkan ban mobil Anda antara yang di depan dengan yang di belakang tiap 6000 mil, agar menyeragamkan kondisi seluruh ban dan mempertahankan masa pakai ban lebih lama.

7. Sebaiknya tidak mengendarai mobil dengan ban tanpa penutup pentilnya. Mengemudikan mobil dengan ban tanpa penutup pentil bisa jadi menyebabkan kebocoran udara dari dalam ban dan bisa mengakibatkan ban kekurangan tekanan.

8. Periksalah keseimbangan ban mobil secara periodik, untuk menghindari putaran ban yang tak stabil.

9. Perhitungkan bobot yang harus dimuat oleh mobil anda. Jika muatan melebihi kapasitas maksimal dapat menimbulkan tekanan yang berlebih pada ban mobil Anda dan itu bisa sangat membahayakan.

Tips agar body mobil tetep mengkilap


Bodi mobil merupakan bagian yang pertama kali dilihat orang lain. Kondisi cat mobil yang masih kinclong tentu jadi nilai lebih bagi kendaraan tersebut. Namun bagian ini juga berubah jadi kusam. Proses pemudaran warna cat dan penurunan kualitasnya adalah proses alami. Beberapa penyebab degradasi ini antara lain sinar UV dan bahan kimia.

Sebenarnya bukan hanya cat mobil saja yang dapat rusak karena sinar UV, kita pun dapat mengalami kanker kulit bila terkena sinar UV terlalu banyak. Penyebab yang utama pudarnya cat bodi yakni bahan kimia. Namun sayangnya ini sering tidak disadari oleh pengguna kendaraan karena memang minimnya informasi. Bahan kimia merusak (harmful) ini biasanya menyentuh body kendaraan kita dalam wujud yang sebenarnya tidak asing lagi. Mereka adalah kotoran burung, serangga, pollutan di udara, pemoles mobil, garam, dan lain-lain.

Kotoran burung dan serangga yang tertabrak
Sebenarnya mudah saja untuk membersihkannya saat mereka masih basah (belum lama mendarat pada body mobil) tetapi kita sering kali meremehkannya atau memang tidak sempat untuk cepat-cepat membersihkannya. Yang sulit itu kalau mereka sudah mengering.

Hati-hati membersihkan kotoran burung yang sudah mengering dan menjadi keras, salah-salah Anda malah menggores cat mobil. Disamping sulit dibersihkan setelah mengering, kotoran burung dan sisa serangga yang tertabrak akan dapat memudarkan area cat yang ditutupinya.

Pollutan di udara
Seperti anda ketahui, udara mengandung banyak zat kimia dalam wujud gas. Khususnya di lingkungan yang tinggi polusi udara seperti di beberapa kota besar di Indonesia kandungan asam nitrat (HNO3) terbilang tinggi. Nah asam nitrat ini bersifat merusak lapisan cat mobil anda baik dalam wujud gas maupun cari (saat terbawa air hujan).

Pemoles Mobil
Meskipun bertujuan untuk mencerahkan cat kendaraan tetapi anda harus berhati-hati dalam memanfaatkan pemoles. Pemoles bekerja dengan cara mengikis lapisan cat menggunakan bahan-bahan abrasive. Bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan usia cat mobil berkurang. Oleh karena itu sebisa mungkin hindari penggunaan pemoles mobil (car polish).

Garam
Kandungan garam pada air apabila cukup tinggi akan membahayakan karena garam akan mempercepat proses korosi.

Nah, agar cat eksterior mobil tetap kincong meski kendaraan Anda sudah cukup 'berumur' berikut tips untuk menghindari cat mobil berubah jadi kusam.

1. Untuk menghindari terkena sinar UV terlalu banyak (over exposed) sebisa mungkin parkir mobil anda di tempat yan teduh. Bila memang akan meninggalka mobil untuk waktu yang lama di tempat yang terkena sinar matahari, ada baiknya anda menutupi mobil anda dengan sarung mobil (car cover).

2. Cuci mobil anda secara teratur. Bagusnya anda cuci mobil anda minimal dua minggu sekali untuk menghindari penumpukan pollutan dan bahan kimia jahat lainnya.

3. Cuci mobil anda di tempat yang teduh agar air pencuci tidak cepat mengering dan meninggalakan bekas.

4.Gunakan sabun khusus untuk mencuci mobil dengan pH ballanced. Jangan gunakan sabun cuci piring karena akan mengikis lapisan (coating) cat. Ingat, jangan sampai keliru yang mana dapur dan yang mana garasi mobil.

5.Hindari mencuci dengan air panas, Mencuci body mobil dengan air panas akan merusak lapisan cat mobil.

6. Beri lapisan wax (lilin) untuk memberikan shine coating sekaligus melindungi lapisan cat dari sinar UV dan pollutan lainnya.

7. Lakukan waxing sekitar 2-3 bulan sekali untuk memberikan perlindungan ekstra.

8. Segera perbaiki bagian cat mobil yang terkelupas atau retak-retak. Semakin lama ditunda semakin berbahaya.

Mobil injeksi pincang

Bila mobil yang masih berusia muda dan sudah berteknologi injeksi yang canggih mengalami mesin pincang. Sistem operasional mesin yang berbeda bisa bikin bingung buat mengatasinya. Namun penyebabnya bisa kita deteksi, kok. Meski dilengkapi sistem injeksi yang mutakhir, sebenarnya prinsip kerja mesin injeksi masih sama dengan yang masih menggunakan model karburator. Penyebab pincang tetap harus merujuk pada dua sektor yaitu lihat suplai bensin dan pengapian.

Dengan sudah ditentukannya potensi penyebab gejala mesin pincang, pengamatan dan deteksi bisa lebih cepat dan tepat. Ibarat mengatasi pincang pada mobil karburator, bisa cabut kabel busi sebagai langkah awal. Pada mobil injeksi, kebanyakan sudah pakai coil on plug.

Jika masih pakai kabel busi dan distributor, cara lama yang sama bisa dipakai. Namun kalau sudah coil on plug, perlu dijelajah lebih lanjut. Apakah busi yang bermasalah atau batang penghubung koil dengan busi. Batang penghubung itu bisa saja pecah atau copot bagian dalamnya.

Mengetahuinya, bisa mengecek komponen tadi satu per satu. Kebocoran arus pada kabel busi atau malah busi yang mati jelas bisa membuat mesin pincang karena tidak ada pembakaran di silinder itu. Sedangkan dari sektor suplai bensin, tekornya aliran bensin menuju ruang bakar bisa jadi penyebab. Salah satu biang keroknya adalah pompa bensin yang kurang kuat lagi. Karena tekanannya lemah, bikin pasokan bensin tersendat pada saat-saat tertentu. Putaran mesin bakal naik turun dan terasa seperti pincang.

Lebih maju di depan pada saluran bensin, ada injektor. Peranti ini bertugas untuk menyemprot bensin sebagai pengganti peranti pengabut bensin alias karburator. Injektor kotor saja, biasanya tidak akan membuat mesin pincang. Karena tetap ada bensin yang disemprotkan ke intake manifold. Jadi tidak ada bensin yang masuk dan terbakar.

Rem mobil panas


Benda berputar pasti akan terjadi gesekan yang mengakibatkan panas. Begitu pula yang terjadi di sekitar roda termasuk sistem rem. Walau logikanya tak mungkin terjadi, seandainya tak digunakan pun, efeknya piringan rem pasti akan panas karena gesekan antara kampas dan cakram rem. Nah, seberapa panas yang bisa diakibatkan karena pemakaian rem normal, atau panas akibat sistem rem macet atau tak bekerja sempurna. Berapapun jauhnya perjalanan, lebih-lebih untuk pemakaian ekstrem, panas dipiringan rem tak akan mungkin bisa terpegang tangan. Yang termudah untuk pemakaian normal, panas di pelek masih mampu dipegang tangan. Kalau sampai baru disentuh sudah membuat kaget, bisa dipastikan panas tersebut sudah melewati batas. Hanya saja perlu diperhatikan lebih lanjut apa yang menyebabkan panas tersebut. Karena apabila sampai terjadi panas berlebih, pasti ada yang salah di sistem tersebut. Kalaupun sampai panas, jangan pernah sekali-kali langsung menyiram piringan rem dengan air. Efeknya jauh lebih buruk karena akan bikin piringan melenting.

Kerusakan rem bisa berasal dari macetnya piston, atau baut pemegang kaliper yang tidak kembali ke posisi asalnya. Akibatnya, kampas akan terus menekan piringan rem. Efek lanjutannya mudah ditebak, panas akan menjalar hingga pelek. Hal ini masih bisa diketahui saat menyetir, setir akan terasa narik ke salah satu sisi kiri atau kanan tergantung mana yang rusak. Utamakan mengecek dan kuras minyak rem secara rutin, untuk mencegah kotoran menumpuk di bagian dalam sistem rem.
Macetnya piston umumnya disebabkan oleh kotoran yang menumpuk di bagian seal karet yang dekat piringan. Biasanya karena saat mengganti kampas rem, tapi mekanik tidak membersihkan bagian tersebut. Setelah pemakaian, otomatis kotoran justru semakin banyak menumpuk hingga terparah membuat karat di piston. Kalau sampai macet, mau tak mau harus mengganti kit rem sesuai jenis dan tipe mobil. Baut pemegang kaliper juga perlu dicek untuk menghilangkan debu. Karena gerakannya mengikuti gerakan rem yang menekan piringan, maka apabila debu tersebut dibiarkan menumpuk akan membuat gerakan kaliper terhambat. Cukup bersihkan saat mengganti kampas, dan berikan gemuk secukupnya.

Rem tangan pada mobil kurang pakem

Rem tangan adalah komponen yang tidak kalah pentingnya pada mobil. Komponen ini bertugas untuk menghentikan kendaraan saat parkir. Hal ini dimaksudkan agar aman karena roda terkunci dengan erat, menyetel rem tangan juga bisa buat sliding atau burn out. Jadi, pengemudi tidak perlu menarik tuas terlalu tinggi sehingga anggota tubuh tidak bergerak hebat dan konsentrasi terjaga.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan dalam penyetelannya:

1. Alat-alat yang dibutuhkan, cukup obeng dan kunci 10.

2. Buka konsol boks tengah. Jumlah baut yang mengikat berbeda, tergantung pada merek kendaraan.

3. Setelah terbuka, putar baut penyetel menggunakan kunci 10. Banyaknya jumlah putaran disesuaikan dengan posisi tuas rem tangan yang diinginkan. Penyetelan dilakukan saat mobil diam. Jangan setel posisi tuas rem terlalu rendah karena ditakutkan rem bisa mengunci sendiri.

4. Bila sudah, tutup kembali konsol boks

Mengatasi kaca mobil berembun

Pada saat diguyur hujan, dan jika AC mobil kita tak berfungsi dengan baik, maka kaca jendela sering berembun akibat adanya perbedaan tekanan udara. Akibatnya, jarak pandang ke arah depan lama-kelamaan akan terganggu karena kaca depan berembun. Agar perjalanan anda tak terhambat, anda bisa melakukan beberapa kiat darurat untuk menghilangkan kabut di kaca depan. Kita bisa menerapkan cara yang seringkali dilakukan oleh sopir angkutan umum, yakni dengan menggunakan shampoo rambut. Adapun caranya yaitu dengan mengolesi cairan shampoo ke seluruh permukaan kaca bagian dalam secukupnya, jangan kebanyakan karena malah bisa mengganggu penglihatan dan jangan dicampur air, karena permukaan kaca yang diolesi kelamaan akan bening lagi. Cairan shampoo mengandung unsur kimia yang dapat menghalau endapan uap air, sehingga embun akibat suhu panas di kabin tak dapat menempel ke permukaan kaca yang telah diolesi shampoo rambut tadi.

Mengganti wiper mobil

Hujan yang mengguyur akhir-akhir ini membuat pandangan pengendara agak mengalami kesulitan. Jika sudah begini, fungsi wiper sangatlah diperlukan. Meskipun motor penggerak bekerja normal, jika sapuannya tidak optimal, maka hal itu membuat perjalanan terganggu.

Wiper yang kurang maksimal akan menimbulkan tarikan garis melengkung mengikuti gerakan sapuan di kaca. Hal ini disebabkan kondisi karet sudah tidak bagus. Wiper seperti ini harus cepat diganti.

Penggantian wiper sebenarnya tidaklah susah. Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Ukur wiper dengan penggaris dan pergunakan satuan inci sebelum membelinya. Hal ini untuk memastikan kesesuaian ukuran.

2. Pilih ukuran wiper aftermarket yang tepat dengan ukuran mobil Anda.

3. Lepas wiper lama dengan menekan dan mendorong ke bawah untuk melepaskan konstruksi wiper dari rumahnya.

4. Bersihkan kotoran di sekitar rumah wiper.

5. Pasang wiper baru. Perhatikan antara pengait konstruksi wiper dan rumah wiper bertautan dengan sempurna.

6. Jalankan motor penggerak wiper dan perhatikan sapuan di permukaan kaca depan. Wiper baru yang berkualitas tak akan menimbulkan goresan.

Stir mobil bergetar

Pengguna Honda Civic mungkin pernah mengalami hal tak mengenakan seperti ini. Saat mobil digeber sampai kecepatan 100 km/jam, setirnya terasa bergetar/bergoyang. Mungkin ini sebuah problem yang sering ditemui pada mobil tahun lawas. Namun, penyebab sebenarnya bukanlah demikian.

Gejala itu biasanya disebabkan balans roda yang sudah tidak sempurna. Pengguna bisa mencoba melakukan balancing dan spooring di seluruh roda.

Namun, adaa langkah yang peru diperhatikan sebelum itu. Pastikan kondisi ban dan pelek baik. Kondisi yang baik berarti tidak terdapat gelombang yang tidak rata

cara ganti antena mobil model tarik


Antena model tarik dinilai rawan patah akibat tersangkut benda keras yang posisinya dekat dengan atap mobil. Antena ini pada umumnya diaplikasi pada MPV. Kelalaian yang kerap dilakukan seperti tidak menurunkan kembali antena ke posisi terendah dinilai jadi penyebabnya.

Jika sudah patah memang harus diganti antena baru. Namun, anda tidak bisa mengganti batang antena model tarik ini secara terpisah dengan rumahnya, lantaran desainnya sudah dibikin paten.

Jika anda ingin menggantinya sendiri di rumah, lantaran pengerjaannya relatif mudah, ikuti langkah berikut:

1. Buka kedua baut pengikat pada rumah antena. Setelah housing-nya tercopot dari dudukan, jangan lupa mencabut kabel antena yang terhubung pada bodi belakang head unit (HU) mobil. Ikatkan tali pada ujung kabel antena yang sudah terlepas dari HU tadi, usahakan panjangnya enggak kurang dari 1,5 cm, lebih panjang lebih bagus. Hal ini untuk memudahkan saat pemasangan kembali kabel antena yang baru, karena harus dimasukkan melalui celah di dalam pilar A.

2. Setelah kabel dan selongsong batang antena berhasil ditarik seluruhnya, jangan keburu menarik tali yang terhubung pada ujung kabel antena. Sisakan beberapa cm supaya ujung tali yang tersisa di dalam kabin bisa tetap terjuntai. Ini untuk memudahkan menarik kabel yang baru melalui jalur yang sudah ada di dalam pilar A. Masukkan secara perlahan, selongsong yang berisi batang antena, berikut kabel ke dalam lubang dudukan rumah antena. Supaya kabel tidak tersangkut di dalam lekukan pilar A, barengi dengan menarik kabel melalui sisa tali yang masih tersisa di bawah dasbor.

3. Jika selongsong dan kabel antena sudah pada posisinya masing-masing, tancapkan kembali soket kabel pada konektor antena di bagian bodi belakang HU

Kerusakan AKI ECU bateray mobil

Pengguna mobil Mitsubishi Eterna DOHC dalam mengoperasikan kendaraanya mungkin pernah mengalami kondisi yang tidak mengenakan. Jika jalan kondisi macet total mesin suka mati dan kalau distarter lagi 3 kali stater mesin baru bisa hidup kembali.

Semua ini terjadi jika kondisi AC hidup, tapi jika AC mati semuanya normal. Kondisi ini memang sering dilaporkan terjadi pada kendaraan Mitsubishi Eterna dan Lancer tahun 90-an awal. Rusaknya peranti elektronik di ECU yang mengatur mekanisme idle-up ketika AC hidup disinyalir menjadi penyebabnya. Ketika AC hidup peranti ini akan memerintahkan mesin untuk menambah putarannya, demi mengompensasi beban dari AC. Tapi ketika peranti ini rusak, tidak ada kenaikan putaran mesin dan beban AC itu menyebabkan putaran terlalu rendah dan mesin mati. Bila sedang panas, wajar bila kerja aki lebih berat sehingga butuh 2-3 kali percobaan sebelum menyala.

Segera ganti ECU dengan yang baru. Di Jakarta ada beberapa spesialis ECU yang mampu memperbaiki kerusakan khas ini.

Bunyi degungan di mesin mobil

Pengguna Toyota Kijang LGX mungkin pernah mengalami problem yang cukup menjengkelkan seperti ini. Mobil sering timbul bunyi mendengung panjang baik saat jalan. Tapi bunyi ini kemudian hilang dalam beberapa menit.

Sebenarnya, bunyi tersebut bisa berasal dari beberapa sumber. Pertama adalah kondisi belt yang sudah tidak baik. Ketika kondisinya tidak prima, belt bisa mengeluarkan bunyi mendengung/berdecit ketika berputar. Bila ini penyebabnya, mengganti belt baru bisa menyelesaikan masalah.

Ada juga kemungkinan bunyi dari pompa bensin atau power steering bermasalah. Untuk lebih pasti, buka kap mesin dan cari tahu persisnya dari mana bunyi itu berasal. Setelah penyebabnya ditemukan segera perbaiki, karena bila dibiarkan dikhawatirkan bisa merembet ke komponen lain.

Bisa juga disebabkan bunyi dari kompresor AC yang sudah rusak. Gesekan kasar metal di dalam kompresor menyebabkan bunyi ini terjadi, dan menghilang bila kompresor berhenti berputar.

tuas tranmisi bergetar pada katana


Bagi pengguna mobil Suzuki Katana mungkin pernah mengalami problem yang tak mengenakan ini. Setiap memanaskan mobil tuas transmisi mobil terasa bergetar kencang sekali, kemudian jarum RPM turun naik.

Sebenarnya, tidak ada masalah pada transmisi mobil. Tuas transmisi bergetar karena terpengaruh getaran mesin berlebihan akibat putaran tidak stabil.

Hal ini memang problem tipikal Suzuki Katana ketika distart pagi hari. Cara mengatasinya, anda cukup menarik tombol choke untuk memperkaya campuran bahan bakar sehingga putaran mesin lebih tinggi dan stabil. Setelah panas mesin ideal telah dicapai, kembalikan lagi tuas choke ke posisi semula untuk menormalkan konsumsi bbm.

persneling berbunyi saat ngoper gigi dan mesin berisik

Pengguna mobil lawas sekitar tahun 1994 mungkin pernah mengalami beberapa problem. Misalnya, saat perpindahan perseneling dari 2 ke 3 selalu terdengar bunyi gesekan seperti piringan beradu. Selain itu saat menginjak pedal gas dengan kondisi mobil sedang berjalan selau terdengar bunyi seperti bunyi mobil diesel.

Hal ini kemungkinan besar gigi sinkromes 2 ke 3 di mobil sudah aus. Gigi sinkromes merupakan roda gigi kecil yang dibuat untuk menghaluskan dan mengurangi gesekan perpindahan gigi. Jika ini yang terjadi segera ganti dengan yang baru untuk menghilangkan suara aneh ini.

Sedangkan bunyi seperti mobil diesel bisa disebabkan oleh gejala detonasi alias ngelitik. Anda bisa mencoba untuk mengganti bahan bakar Premium dengan Pertamax atau Pertamax Plus. Bila problem ini hilang, untuk kembali menggunakan Premium anda harus menjalani beberapa proses. Hal yang pertama yang harus dilakukan adalah adalah men-tune up mesin agar setelan karburator dan waktu pengapiannya kembali seperti baru. Namun, jika masih ada juga bunyi tersebut, kemungkinan telah terjadi penumpukan kerak di piston sehingga mengakibatkan pembakaran terlalu cepat. Anda bisa minta ke bengkel untuk membuka kepala silinder untuk membersihkannya

Busi mengenali kerusakan mobil dari busi

Banyak cara untuk mengetahui keadaan mesin mobil. Salah satunya bisa dilihat dari warna dan kondisi busi. Kalau punya waktu luang akhir pekan ini, coba buka busi dan perhatikan, apakah seperti petunjuk di bawah ini?

Coklat : Pada elektroda coklat agak keabu-abuan pertanda busi bekerja normal, namun mendekati batas usia pakai. Sebaiknya ganti baru.

Kekuning-kuningan: Mesin mengalami overheat, sehingga suhu dan tekanan pada mesin naik secara drastis. Cek peranti pendingin mesin.

Usang : Busi seperti usang dengan sedikit timbunan kerak pada elektroda. Busi telah apkir dan perlu ganti baru.

Kemerahan : Lapisan elektroda terkelupas dengan warna kemerahan, tapi tidak ada kerak. Mesin mengalami ovberheat, periksa kode heat range dan peranti pendingin mesin.

Gosong : Terdapat timbunan kerak dan elektrodanya berwarna gosong. Artinya, setelan bahan bakar tidak benar. periksa suplai bensin dan peranti kelistrikan lainnya.

Meleleh : Elektroda meleleh dan terlihat gosong, akibat busi dengan heat range yang salah. Terjadi kebocoran pada komponen mesin yang menyebabkan pelumas turut terbakar di ruang mesin.

Kerak tebal : Timbunan kerak yang tebal pada elektroda dan kepala busi disebabkan pemakaian bahan bakar yang buruk. Terjadi kebocoran pada sil di klep yang membuat pelumas merembes hingga ke busi.

Basah : Terdapat sisa pelumas pada elektroda dan kepala busi, mesin mengnalami detonasi atau ngelitik. Cek timing pengapian atau gunakan bahan bakar yang sesuai denngan spesifikasi mesin.

Bengkok : Elektroda menempel pada kepala busi dikarenakan piston menghantam busi. Cek komponen internal mesin.

Tersendat : mobil tersendat dan mendadak mati. kemungkinan koil mobil panas. Segera matikan mesin dan kompres koil denngan lap basah